Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di Sejumlah Negara



Golden Bright - Idul Fitri merupakan perayaan terbesar umat Muslim di seluruh dunia. Hari yang menandai berakhirnya bulan Ramadhan, setelah kita berpuasa sebulan penuh mencari keberkahan Allah SWT.

Di Indonesia, pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 jatuh pada Sabtu 22 April. Perayaan Idul Fitri sendiri tentu berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya.

Masing-masing daerah atau negara memiliki tradisi unik tersendiri dalam merayakan hari Kemenangan ini. Meski begitu, semua tentang doa, kunjungan keluarga, pemberian hadiah, dan zakat. Perayaan ini juga diisi dengan makanan lezat dan kegembiraan.

Untuk mengetahui bagaimana negara-negara di dunia merayakan Idul Fitri, berikut daftarnya seperti yang Golden Bright rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:

Tradisi dan Kebersamaan dalam Merayakan Hari Raya Idul Fitri, Yuk Simak!

1. Turki

Turki memiliki istilah unik untuk hati Idul Fitri. Mereka menyebutnya sebagai "Sugar Feast" atau "Pesta Gula". Seperti namanya, di hari ini, masyarakat Turki akan merayakannya dengan suguhan manis seperti baklava.

Dengan 98% penduduk Turki beragama Islam, tidak heran jika hari libur Idul Fitri berlangsung selama satu minggu lamanya. Meskipun sebagian besar perayaan sering dilakukan di rumah, sudah menjadi hal yang biasa bagi orang-orang untuk menikmati waktu luang misalnya dengan bersantai di pantai sepanjang hari. Setelah 30 hari puasa yang panjang, rasanya memang sepadan bukan?

2. Singapura

Singapura bukanlah negara mayoritas Muslim tetapi negara ini memiliki banyak ikatan dengan negara tetangganya Malaysia dan Indonesia yang memang memiliki populasi mayoritas Muslim. Jadi, sudah sewajarnya perayaan memang terjadi di kosmopolitan Asia Tenggara ini, terlebih lagi di distrik Geylang Serai.

Baca Juga:

30 Link Download Video Ucapan Lebaran di YouTube dan TikTok

 

Tidak seperti kebanyakan negara Muslim di seluruh dunia, Idul Fitri bukanlah istilah umum. Sebaliknya, di Singapura dan di Malaysia disebut sebagai Hari Raya atau Hari Raya Aidilfitri, yang artinya mirip tetapi dalam bahasa Melayu.

Perayaan akan berlangsung sedikit lebih lama dan mencakup banyak pasar malam, bazaar, dan makanan lezat serta suguhan yang ditawarkan. Meskipun ada beberapa perbedaan tentang bagaimana Idul Fitri, atau lebih tepatnya Hari Raya, dirayakan di Singapura, yang tersisa adalah penekanan pada pertemuan keluarga dan menghabiskan waktu berkualitas satu sama lain.

3. Mesir

Di Mesir, Idul Fitri adalah hari libur umum selama tiga hari dan dimulai pagi-pagi sekali pada hari pertama dengan melakukan shalat ied. Selanjutnya, keluarga yang lebih muda akan mengunjungi anggota keluarga yang lanjut usia dan menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka.

Sebaliknya, anak-anak kecil akan menerima sedikit uang dari semua orang yang lebih tua. Alih-alih pertemuan keluarga terjadi hanya di rumah, orang Mesir senang pergi ke taman, kebun, dan bahkan kebun binatang untuk menikmati perayaan bersama orang-orang di komunitas lokal mereka.

4. Arab Saudi

Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi sangat mirip dengan negara tetangga lainnya di Timur Tengah. Setelah shalat Idul Fitri, keluarga dan teman-teman cenderung berkumpul untuk menikmati pesta tradisional mugalgal, domba yang dibumbui dengan tomat; jareesh, gandum giling yang dicampur dengan daging dan rempah-rempah; dan banyak suguhan manis.

Beberapa makanan penutup yang ditawarkan termasuk kue madu dan kurma; alasan lain kenapa Lebaran sering disebut dengan Pesta Gula, atau lebih spesifik di daerah ini, dengan Manisnya Idul Fitri.

Dengan segala manisnya menu, tak heran jika lebaran menjadi momen yang menggembirakan terutama bagi anak-anak. Namun terlebih lagi karena anak-anak di Arab Saudi sering diberikan oleh-oleh lebaran. Ini bisa termasuk uang, baju baru, mainan, dan lebih banyak barang.

Pada malam pertama Idul Fitri, orang-orang merayakannya keluar dengan pakaian baru terbaik mereka untuk melihat kembang api dan mengucapkan Idul Fitri kepada komunitas mereka. Sebaliknya, tradisi unik lainnya termasuk meninggalkan beras dalam jumlah besar dan makanan lainnya di luar gerbang untuk mereka yang kurang beruntung sebagai cara memastikan mereka juga dapat merayakannya.

5. Uni Emirat Arab

Perayaan Idul Fitri di Uni Emirat Arab (UEA) memiliki banyak kesamaan dengan yang ada di Arab Saudi. Perayaan sering dimulai dengan sholat subuh di Masjid dan setelah itu orang-orang menjalani hari mereka, bertemu teman dan keluarga, menikmati pesta, dan mengucapkan Idul Fitri komunitas lokal mereka.

Ada juga pertunjukan kembang api di malam hari, acara budaya yang mencakup trik sulap, taman bertema pop up, pertunjukan tari, dan masih banyak lagi!

6. Islandia

Perayaan Idul Fitri di Islandia sejauh ini merupakan yang paling unik dalam daftar ini. Konon, meski komunitasnya terus berkembang, Muslim masih menjadi minoritas dari populasi Islandia.

Di puncak musim panas, matahari tetap berada di langit lebih lama dari biasanya, matahari terbenam di tengah malam dan kembali dua jam kemudian. Artinya, umat Islam yang tinggal di Islandia diharuskan berpuasa hingga 22 jam sehari.

Meski terdengar sangat menantang, para cendekiawan dan pakar Islam telah menawarkan alternatif bagi mereka yang tinggal di negeri matahari tengah malam. Muslim Islandia dapat memilih untuk berbuka puasa berdasarkan waktu matahari terbit dan terbenam dari negara terdekat, atau mengamati zona waktu Arab Saudi.

Idul Fitri dirayakan di salah satu dari sedikit masjid di Reykjavík, ibu kota Islandia. Para tamu yang mengunjungi masjid dipersenjatai dengan makanan prasmanan internasional yang menggiurkan, termasuk makanan dari masakan Indonesia, Mesir, dan Eritrea untuk merayakan acara yang suci dan menggembirakan ini.

7. Selandia Baru

Perayaan Idul Fitri di Auckland dimulai dengan ritual sholat dan pembersihan. Setelah itu, Taman Eden membuka pintunya untuk Hari Raya Idul Fitri dua tahunan, acara yang menyenangkan dan diisi dengan aktivitas untuk semua orang.

Festival di Eden Park menampilkan segala jenis karnaval yang menyenangkan termasuk banteng mekanis, bola sepak manusia, dan berbagai penjual makanan yang menjual kelezatan lezat dari seluruh wilayah.

Meskipun Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang tepat bagi keluarga dan teman untuk merayakan acara tersebut bersama-sama, namun momen ini juga berfungsi sebagai acara penting bagi pengunjung dari semua lapisan masyarakat untuk belajar dan merangkul komunitas Muslim selama acara khusus ini.


Posting Komentar untuk " Ini Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di Sejumlah Negara"