Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Tol Cisumdawu, Masalah Tanah Bergerak Ganggu Mudik Lebaran 2023?

 


Jasa Skripsi - Kondisi tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) saat ini masih berkutat pada masalah teknis yakni soal tanah bergerak. Kendati demikian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan tol tersebut mulai bisa dilalui saat mudik lebaran 2023. Nantinya, baru Tol Cisumdawu Seksi 1-3 dan Seksi 4-6 yang dibuka secara fungsional pada 15 April 2023.

Namun demikian, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, sebenarnya ada permasalahan teknis pada Tol Cisumdawu khususnya pada Seksi 5. "Jadi, ada masalah teknis di sana. Masalah tanah bergerak," ujarnya yang dikutip, Rabu (5/4/2023).

Sampai saat ini Hedy terus memonitor pergerakan tanah di Tol Cisumdawu tersebut, setelah itu, baru dilakukan evaluasi dan tindak lanjutnya. Kendati begitu, dia belum bisa memastikan kapan masalah ini dapat rampung.

"Kita lihat apakah dia sudah melandai, berhenti, atau masih bergerak. Kalau masih bergerak kan kita gak tahu. Dan juga beberapa titik kan kita masih melakukan tindakan," jelasnya.

Baca Juga:

Jelang Lebaran, Pengelola Rest Area Diminta Antisipasi Penumpukan Pemudik dan Kontrol Kebersihan

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, meski ada masalah, tetapi tidak akan menggangu operasional Tol Cisumdawu saat mudik lebaran nanti. Menurut dia, Kementerian PUPR telah memiliki solusi terhadap masalah itu. Salah satunya, membuat jembatan di 2 lajur jalan, sehingga kemungkinan dari empat lajur jalan hanya dua lajur yang selesai ditangani.

"Insya Allah (mudik lancar). Yang jelas nanti janjinya tanggal 14 atau 15 (April) itu sudah bisa tembus dari Cileunyi sampai ke Cipali," kata Basuki.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumumkan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung sampai dengan Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, akan diresmikan pada 15 April 2023. Namun, Menhub menjelaskan bahwa kebijakan fungsional dan kewenangan Tol Cisumdawu berada di pihak Kementerian PUPR.

Selain menjadi alternatif penunjang saat arus mudik Lebaran 2023, Menhub juga menyampaikan bahwa Tol Cisumdawu akan mampu meningkatkan aktivitas (volume) Bandara Kertajati

“Sekarang ini, Kertajati dengan panjang kurang lebih 3 ribu meter, dan (bisa) dibuktikan bahwa pesawat Antonov bisa mendarat di sana,” ungkapnya.

Baca Juga:

Polisi Siapkan Strategi Untuk Amankan Arus Mudik Lebaran 2023

Atas keberhasilan mendaratkan pesawat kargo terbesar di dunia itu, Menhub mendapatkan perintah dari Presiden agar konsisten memikirkan efektivitas Bandara Kertajati dalam mengurangi kepadatan lalu lintas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Posting Komentar untuk "Kondisi Tol Cisumdawu, Masalah Tanah Bergerak Ganggu Mudik Lebaran 2023?"